Notification

×

Iklan

Iklan

Seni Budaya Kuda Lumping Hibur Acara Puncak Sekaligus Penutupan HUT RI Ke 79 Di Desa Sumber Makmur

Minggu, 18 Agustus 2024 | Agustus 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-18T16:36:54Z

Bengkulu kaur, republikindo.com- Dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI pada tanggal 17 agustus 2024 kemaren, desa sumber makmur, kecamatan muara saung. banyak sekali mengadakan berbagai acara perlombaan demi memeriahkan hari kemerdekaan RI yang ke 79 yang telah kita rayakan kemaren, diantaranya polly ball, tarik tambang, lari karung, makan kerupuk, bola dangdut, dewasa dan anak anak, sabtu, (17/8/2024).

Kepala desa sumber makmur Gusman menyampaikan kepada awak media bahwasanya hiburan seni budaya kuda lumping ini bukan saja sekedar hiburan biasa namun untuk menghidupkan budaya masyarakat sumber makmur di antaranya kuda lumping, tari Semende, tembang atau beringit dan budaya budaya lainya.


Sumber makmur merupakan salah satu desa dengan giografis dataran tinggi yang di huni oleh masyarakat yang berbagai suku, diantaranya Semende, Jawa, Kinal, Padang guci dan masih banyak suku-suku lain yang menempati di desa sumber makmur tersebut.


Maka oleh sebab itu pemerintahan desa sumber makmur  selalu mendukung apa saja yang di bangun oleh masyarakat sumber makmur melalui forum musyawarah untuk menjalin tali silaturahmi persaudaraan antara suku yang ada di desa sumber makmur ini, seperti kuda lumping, budaya Jawa yang suda dapat menyesuaikan di tengah masyarakat Semende, Kinal, Padang guci juga yang lain.


Begitu juga tari Semende seperti, tari pisau duwe sudah dapat menyesuaikan di tengah masyarakat jawa, Kinal dan Padang guci, ini lah yang membuat terjalinnya kerja sama antara suku, harus saling menghormati satu sama lain, hingga terciptala persatuan dan kesatuan serta kerja sama bergotong royong.


Malam puncak hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 79 kemaren salah satu kesenian sumber makmur telah menghibur seluruh lapisan  masyarakat sumber makmur dan sekitarnya.


Yaitu seni budaya kuda lumping yang bermacam- macam jenis alat musik serta di mainkan dari 33 personil mulai dari kepengurusan serta peserta anak-anak dari Jawa, Kinal, Padang guci, Semende, Dalam acara pembagian cindra mata perlombaan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 79 kemaren.


Harapan masyarakat pemerintahan desa, baik kabupaten mendukung setiap kegiatan yang positif di tengah-tengah masyarakat ini. (Sultan) 

×
Berita Terbaru Update