Notification

×

Iklan

Iklan

Penyalahgunaan Penyebab Pupuk Langka Serta Harga Melambung

Rabu, 11 Januari 2023 | Januari 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-11T04:45:14Z
Gambar : Pupuk UREA

Bengkulu Kaur, republikindo.com- Penderitaan petani yang tak kunjung berakhir dari musim ke musim, dari tahun ke tahun selalu sehingga masalah ini terus terjadi dan memberatkan masyarakat, membuat pihak terkait menjadi BUTA DAN TULI seperti tidak ada solusi di negri ini.  (Rabu 11/01/2023)


Salah satu ASN di dinas pertanian kabupaten kaur yang tidak mau disebutkan namanya " Kelangkaan pupuk dan melambung nya harga pupuk diluar HET ini sudah jelas permasalahan nya seperti :


1. Kota pupuk kabupaten kaur itu tidak kurang kalau berpedoman pada aturan yang ada seperti merujuk dengan RDKK, itu kan pupuk sudah direncanakan pemerintah untuk tanaman palau hijau seperti padi dan sejenisnya namun kenyataan saat ini pupuk itu disalahgunakan untuk memupuk tanaman kelapa sawit,

Gambar : Contoh Sawah Yang Menggunakan Pupuk UREA

ini sudah jelas bukan pada tempat nya dan melanggar hukum pidana tapi kan banyak terjadi di kabupaten kaur seperti itu, terus siapa yang harus kita salah kan saat ini kalau pupuk langka....? Kalau aturan itu dibuat untuk ditegakkan PASTI INI AMAN. 


2. Pupuk mahal, bagaimana tidak akan mahal kalau barang di pengecer itu banyak, mengingat di gudang pengecer sedikit dan yang minta banyak ya pasti harga nya dinaikkan dari harga HET dan melanggar lagi hukum pidana ini, Tegas ASN Dinas pertanian kaur. 


Masyarakat petani Serin" Saat ini mencari pupuk sangat sulit sekali semua kios kosong, dan sesekali ada harganya melambung tinggi sampai 150.000 bahkan ada yang lebih dari itu , pupuk urea dan ponsca. (Yenni)

×
Berita Terbaru Update